KD 12: Perangkat Peripheral

Gambar terkait
Jenis - Jenis Perangkat Peripheral
Peripheral komputer adalah berbagai komponen yang terhubung ke CPU (Central Processing Unit) yang berfungsi sebagai perangkat Input dan Output data kedalam dan keluar CPU yang selanjutnya diproses oleh sistem komputer  .      
Periferal termasuk dalam katagori Hardware yang merupakan bagian dari tiga komponen utama komputer yaitu : 
  1. Hardware : adalah perangkat keras yang dapat berupa benda/komponen fisik yang secara nyata dapat disentuh dan dilihat. 
  2. Software : adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan harware berdasarkan perintah yang di-Inputkan oleh Brainware melalui software sehingga hardware dapt digunakan dan difungsikan. 
  3. Brainware : adalah perrngakat akal yang memanajemen atau berfungsi untuk memasukan perintah agar Software dan Hardware dapat beroprasi sesuai dengan fungsinya. 
Berdasarkan kegunaannya, periferal komputer terdiri dari 2 (Dua) tipe yaitu sebagai berikut :
  • Peripheral Utama (Main Periferals) : yaitu tipe periferal yang keberadaannya harus ada pada saat menjalankan komputer misalnya Mouse, Keyboard dan Monitor. 
  • Peripheral Pendukung (Out Sillary Periferals) : yaitu periferal pendukung yang keberadaannya tidak harus ada pada saat menjalankan komputer misalnya Printer, Speaker, WebCam, Scaaner dsb.
  1. Perangkat masukan (input)
Adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone, dan periferal lainnya.
  • Keyboard
Hasil gambar untuk keyboard bagus
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
Jenis-Jenis Keyboard : 1.) QWERTY 2.) DVORAK 3.) KLOCKENBERG .
  • Mouse
Hasil gambar untuk mouse bagus
Terdiri dari dua atau tiga tombol, berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping. 
  • Light Pen
Hasil gambar untuk light pen
  Adalah perangkat masukan komputer dalam bentuk pena yang digunakan bersamaan dengan perangkat komputer CRT TV atau monitor. Hal ini memungkinkan pengguna menunjuk objek yang ditampilkan, atau menggamba pada layar, mirip dengan layar sentuh tetapi dengan keakurasian posisi lebih tinggi.
  • Scanner
Gambar terkait
Digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer. Ada dua jenis scanner, handy scanner (dipegang dan digerakkan dengan tangan), dan flatbed scanner (serupa mesin fotokopi).

  1. Perangkat keluaran (output)
Adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data. Perangkat tersebut antara lain monitor, printer, plotter, speaker, dan lain lainnya. 
  • Monitor
Berfungsi menampilkan hasil yang berbentuk teks, gambar dan video atau segala aktifitas yang ada pada komputer. Macam-Macam Monitor :
CRT (Chatode Ray Tube)
menggunakan media tabung sinar katoda atau kebanyakan orang menyebutnya dengan monitor tabung.
Monitor LCD (Liquid Cristal Display)
menggunakan media cairan kristal. 
Monitor LED (Light Emitting Diode)
memiliki bentuk seperti Monitor LCD namun monitor LED lebih ramping. Monitor LED memunculkan sebuah tampilan pada layar menggunakan emisi cahaya.
Monitor Plasma
menggunakan gas neon atau xenon yang diletakkan diantara dua lapisan plat kaca.
  • Printer
Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas. Printer dihubungkan dengan komputer melalui USB. Jenis Printer :
1. Dot Matrik, printer jenis ini menggunakan tinta jenis pita seperti yang terdapat pada mesin tik.
2. Inkjet, printer jenis ini menggunakan tinta cair atau liquid ink.
3. Laser printer, printer jenis menggunakan tinta serbuk atau powder ink seperti bubuk gliter yang ditempatkan dalam toner.

  • Speaker
Speaker adalah perangkat keras untuk menghasilkan suara. Jenis lain dari speaker adalah headset atau earphone. Kita dapat mendengarkan hasil keluaran berupa suara dari komputer melalui speaker.
  • Proyektor
Merupakan alat digunakan untuk presentasi, yang dihubungkan ke komputer untuk menampilkan apa yang ada pada monitor ke suatu screen (layar) ataupun dinding.
  • Plotter 
Plotter adalah media cetak seperti printer namun memiliki ukuran yang lebih besar serta kegunaan yang optimal untuk objek gambar. 




Instalasi dan Pengujian Perangkat Peripheral
Instalasi dan pengujian peripheral adalah salah satu bagian tak terpisakan dalam suatu proses perakitan komputer,karena menentukan bisa tidaknya suatu komputer dipakai untuk menjalankan suatu aplikasi.Berikut beberapa contoh instalasi peripheral yang umum kita lakukan. 

1.Instalasi Monitor
Untuk instalasi monitor ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:
Pastikan kompatibilitas.
Memastikan bahwa monitor kompatibel atau sesuai dengan operating sistem dan program aplikasi yang akan digunakan.
Periksa jenis port card. VGA Semua kartu video kompatibel dengan analog RGB/VGA port.
Membaca user manual monitor. User manual berguna untuk memahami fitur monitor yang akan kita instal.
Menghubungkan kabel dan memeriksa layar.
Menyesuaikan sudut dan posisi monitor terhadap penguna.

2. Instalasi Printer
Cara melakukan instalasi printer :
Tancapkan kabel printer pada printer dan konektor parallel port male/konektor USB port pada komputer dengan benar.
Pastikan catridge printer sudah terpasang dengan benar.
Hubungkan printer ke jala-jala listrik.
Dan pastikan ada ativitas dalam printer tersebut (catrigde bergerak).
Sampai langkah ini instalasi peripheral secar fisik sudah selesai.
Selanjutnya tinggal instalasi untuk software yaitu pemasangan driver.
Pada instalasi driver, biasanya pada sistem operasi Windows XP akan secara otomatis menjalankan file instalasi driver tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar