KD 11: Prosedur Instalasi Sistem Operasi Berbasis GUI


Hasil gambar untuk wallpaper jenis sistem operasi
Jenis sistem operasi

  • MS-DOS
Sistem operasi MS-DOS dikembangkan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1981. Meskipun dirasa kurang populer, Anda masih dapat menemukan MS-DOS dalam sistem operasi Microsoft Windows. Jika Anda menggunakan sistem operasi Microsoft Windows XP, MSDOS yang digunakan berupa versi 5.1.2600. MS-DOS bersifat single tasking.
  • WINDOWS (MICROSOFT WINDOWS
Mircorost Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis.

  Generasi pertama sistem operasi Microsoft Windows yaitu Microsoft Windows 3.0 yang dirilis tahun 1990. Selanjutnya Microsoft merilis Microsoft Windows 3.1 (tahun 1992), Microsoft Windows NT (tahun 1993), Microsoft Windows 95, Microsoft Windows 98, Microsoft Windows 2000, Microsoft WindowsXP, serta Microsoft Windows Vista. Microsoft Windows 98 dirilis tahun 1998 sedangkan Microsoft Windows 2000 dirilis tahun 2000. Microsoft Windows XP dirilis tahun 2001 dan Microsoft Windows Vista dirilis tahun 2007.
  • UNIX
UNIX ditulis dalam bahasa C sehingga UNIX pun mirip dengan DOS yaitu Line/Text Command Based. Setiap file, direktori, user dan group memiliki set izin tersendiri untuk diakses. Karena adanya dukungan Proyek GNU, maka selanjutnya UNIX berkembang menjadi LINUX (Salah satu varian UNIX).

  • IBM OS
  Sistem Operasi IBM OS/2 ini dibuat bersama oleh International Bussiness Machine Corporation dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi DOS. Kata OS/2 adalah singkatan dari Operating System/2, Sistem Operasi ini didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprosessor Intel 80286.
  • MAC OS
  MAC OS atau Macintosh Operating System adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. Ada 2 jenis:
a. MAC OS Klasik
        Tidak memiliki sembarang Command Line (Baris perintah), menggunakan User Interface (UI) sepenuhnya dan menggunakan Cooperative Multitasking.

b. MAC OS X
        MAC OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, One Step, dan MAC OS X memiliki memori ala-Unix dan Pre-Emptive Multitasking.
  • LINUX
          Awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds. Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX), peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari Sistem Operasi GNU. Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang menangani kontrol prosses, jaringan, periferal, dan pengaksesan sistem berkas. Sama seperti UNIX, dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI) yang merupakan konfigurasi bawaan untuk versi dektop.

 
 Ada beberapa macam Distro Linux, seperti : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, Red Hat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu.


Instalasi dan konfigurasi dasar sistem operasi
      Sistem operasi (operating system atau OS) adalah perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur, mengendalikan perangkat keras dan memberikan kemudahan untuk pemakai dalam penggunaan komputer.  
Sistem operasi ada empat generasi yaitu :
-  Generasi Pertama  (   1945-1955   )
-  Generasi Kedua     (   1955-1965   )
-  Generasi Ketiga     (   1965-1980   )
-  Generasi Keempat ( Pasca 1980an )
Seperti telah disinggung di depan banyak jenis sistem operasi yang bisa digunakan, antara lain : UNIX, MS DOS, MS Windows, LINUX, dll.
  • Media Instalasi OS :


1.HARD DISK
2.FLASH DISK
3.DVD
4.CD
5.INTERNET
6.Dan Lain - Lain
  • INTERFACE SO


BASIS TEXT (CLI) POXIS, UNIX, DOS, LINUX.
BASIS GRAFIS (GUI) LINUX, APPLE, MS WINDOWS


  • Cara instalasi windows 7 berbasis GUI :


Tujuan :
Mencari pengalaman baru dalam instalasi sistem operasi windows.
Memenuhi tugas sekolah.

Manfaat :
Menambah wawasan tentang instalasi sistem operasi windows 7.
Dapat mengetahui prosedur instalasi dengan baik.
Apabila terjadi kesalahan, mampu menangani dengan baik.

Alat Dan Bahan :
Komputer/Laptop
File Iso Windows 7 Ultimate Edition.
Flashdisk.


Aplikasi rufus.

  Langkah – Langkah :
1.     Pertama buat flashdisk bootable windows 7 dengan aplikasi rufus.
2.     Kemudian biarkan flashdisk tetap terpasang di komputer.
3.     Masuk ke Bios, booting setting untuk flashdisk.
4.     Tekan tombol apa saja ketika ada tulisan: boot from cd or dvd
5.   Pilih Indonesian sebagai bahasa (Language), time, currency and location. Sekarang tekan tombol Install Now.
6.     Kemudian saatnya menunggu, hingga proses dilangkah selesai.
7.  Lalu klik pada I accept the license terms, berupa persetujuan untuk menggunakan Windows 7. Lalu Next.
8.   Pilih custom (Advanced) karena metode instalasi yang digunakan adalah instalasi bersih (clean install), maka pilih di drive mana Windows 7 harus di install.
9.   Sekarang kamu bisa lakukan partisi (pembagian) hard disk menjadi beberapa drive, semisal drive C untuk Windows 7, dan drive D sebagai lemari untuk menyimpan data juga sebagai backup. Namun kamu bisa lewati langkah tersebut dengan klik Next, sehingga pembagian partisi bisa belakangan alias setelah Windows 7 terinstal.
10. Tunggu hingga selesai.
11. Windows akan melakukan restart otomatis.
12. Tunggu lagi! Hingga proses setup is starting services selesai.
13. Sekarang Instalasi otomatis.
14. Disini kamu bisa masukan nama User juga nama komputer, terserah mau nama-nama apa.
15. Jika kamu ingin memberi kata-sandi (password), maka ketik password 2 x sebagai verifikasi atau jika tidak ingin, maka kosongkan saja.
16. Sekarang tulis atau masukan product key serial number windows 7 milikmu disini.
17. Untuk keamanan maka pilih level proteksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar