Pengolahan String


Pengolahan String

A.     Pengantar String
String adalah tipe data untuk menyimpan nilai berupa teks. String merupakan class (Tipe data reference) yang terdapat dalam library Java. Java String merupakan salah satu kelas dasar yang disediakan oleh Java untuk memanipulasi karakter.

B.     Penyimpanan String
Ketika variabel bertipe String dibuat, secara otomatis compiler Java akan membuatkan sebuah object String. Dalam JDK, class String disimpan dalam package java.lang.

C.     String Immutability
String merupakan class yang immutable, berarti isi dari String tidak dapat diubah lagi ketika ia sudah terbentuk. Jika mendefinsikan isi string è
String string = new String(“Potter”);
Tidak akan dapat mengubah isi string seperti di bawah ini:
String substring (3,string.length());
Isi string tetap sama, yaitu Potter. Untuk dapat mengakalinya, harus menangkap operasi substring tersebut ke dalam string lainnya atau ke dalam string itu sendiri. Contoh :
//Menangkap hasil operasi substring ke dalam String lain
String stringBaru = string.substring(3, string.length());
//Menangkap hasil operasi substring ke dalam String itu sendiri
string = string.substring(3, string.length());

D.     StringBuffer Class
String dalam Java ini memiliki sifat immutable string. Untuk mengatasi sifat dari string diatas java memperkenalkan StringBuffer.
StringBuffer merupakan Class yang bisa digunakan untuk memodifikasi
String. Memiliki default kapasitas 16 karakter, tapi biasanya ukuran diatur sendiri dengan mendefinisikan kapasitas pada saat pembuatan. Misalnya adalah sebagai berikut :
StringBuffer baru = new StringBuffer(50);
Contoh diatas merupakan StringBuffer kosong dengan kapasitas 50 karakter. Ada 3 cara untuk mengefinisikan StringBuffer :
1.    StringBuffer baru = new StringBuffer()
Secara tidak langsung variabel baru akan menjadi objek StringBuffer dengan ukuran 16 karakter karena defaultnya adalah 16 karakter.

2.    StringBuffer baru1 = new StringBuffer(50)
Objek baru1 merupakan StringBuffer dengan panjang karakter 50.

3.    StringBuffer baru2 = new StringBuffer(String)
Objek baru2 merupakan objek StringBuffer dengan panjang karakter String + 16 karakter.

CONTOH :
public class SB{
public static void main (String args[]){
String kata = "Java";
StringBuffer baru = new StringBuffer();
StringBuffer baru1 = new StringBuffer(50);
StringBuffer baru2 = new StringBuffer(kata);

System.out.println("baru    : "+baru.capacity());
System.out.println("baru1   : "+baru1.capacity());
System.out.println("baru1   : "+baru2.capacity());
}
}

Hasil dari program diatas adalah


E.     Konstruktor dan Method Class String
Konstruktor pada Java merupakan method khusus untuk membuat sebuah object didalam kelas dan tiap kelas boleh memiliki lebih dari satu konstruktor. Karakteristik :
1.    Nama Konstruktor = Nama Kelas.
2.    Tidak mengembalikan nilai atau return value termasuk void.
3.    Cara menggunakan konstruktor adalah dengan menggunakan kata kunci new. Jika didalam kelas tidak dituliskan konstruktor, Java akan secara default menambahkan konstruktor kosong kedalam kelas tersebut.
Penulisan è
public class Constr{
Constr ()
{  }
}

Overload Konstruktor memungkinkan sebuah class mungkin memiliki lebih dari satu konstruktor dengan parameter yang berbeda satu sama lainnya.

Modifier digunakan untuk menentukan sifat dari suatu kelas dan menentukan preveledge (hak akses) dari kelas lain. Berikut penjelasannnya :


1.        Public : menyatakan kelas/ method/ attribute dapat diakses oleh kelas manapun.
2.        Protected : menyatakan bahwa kelas/ method/ attribute tersebut dapat diakses oleh kelas lain yang berada dalam satu package atau kelas lain turunannya.
3.        Private : menyatakan bahwa kelas tersebut tidak dapat diakses kelas lain bahkan tidak dapat diakses oleh kelas turunannya. Hanya diakses oleh method dalam kelas yang sama.

Method pada class String adalah bagian-bagian kode yang dapat dipanggil oleh program utama atau dari method lainnya untuk menjalankan fungsi yang spesifik. Karakteristik :
1.        Dapat mengembalikan satu nilai atau tidak sama sekali
2.        Dapat diterima beberapa parameter yang dibutuhkan atau tidak ada paramater sama sekali. Parameter bisa juga disebut sebagai argumen fungsi.
3.        Setelah method telah selasai dieksekusi, method akan kembali pada method yang memanggilnya.
Beberapa method dalam class String :
1.        startsWith(String s) : memeriksa objek String, apakah diawali oleh objek String s, pada parameter fungsi ini. Menghasilkan nilai boolean true bila benar dan false bila salah.
2.        endsWith(String s). Memeriksa objek string, apakah akan diakhiri oleh objek string s, pada parameter fungsi ini. Menghasilkan nilai boolean true bila benar dan false bila salah.
3.        compareTo() : Mengurutkan String dengan membandingkan karakter-karakter pada String secara berurutan dari awal String.
4.        length(); : Mendapatkan Panjang String.
5.        charAt() : Mencari Karakter Pada Index Tertentu.
6.        IndexOfchar (karakter) : Mencari posisi karakter pada String. Memerlukan argumen berupa karakter dan akan mengembalikan nilai posisi indeks dari karakter yang dicari. Posisi yang dikembalikan adalah posisi pertama dari karakter yang ditemukan.
7.        IndexOf(char karakter, int indeks) : sama dengan sebelumnya, tetapi memerlukan argumen tambahan, yaitu indeks posisi awal pencarian dalam integer.
8.        indexOf(String Str) : Mencari posisi subString pada String. Penggunaan dan fungsi sama dengan method untuk char.
9.        indexOf(String str, int indeks) : Mencari posisi subString pada String. Penggunaan dan fungsi sama dengan method untuk char.
10.    toUpperCase() : Mengubah ke huruf besar semua.
11.    toLowerCase() : Mengubah ke huruf kecil semua.
12.    replace() : Mengganti huruf tertentu.

F.      Konstruktor dan Method StringBuffer
StringBuffer mempunyai 3 constructor. Dapat mengkonstruksi obyek kelas StringBuffer menggunakan salah satu di antara 3 konstruktor :
1.        StringBuffer() : Untuk mengkonstruksi buffer string kosong (tanpa karakter).
2.        StringBuffer(int length) : Untuk mengkonstruksi buffer string kosong (tanpa karakter) dengan kapasitas ditentukan oleh parameter length.
3.        StringBuffer(String str) : Untuk mengkonstruksi buffer string dengan parameter String.
Beberapa Method pada class StringBuffer :
1.        Capacity() : Untuk mengetahui kapasitas dari suatu variable StringBuffer.
2.        Reverse() : Untuk membalik isi dari variable StringBuffer.
3.        setCharAt() : Untuk mengubah karaker pada indeks tertentu.
4.        append() : Untuk menambahkan string pada akhir StringBuffer.
5.        insert() : Untuk menyisipkan string pada posisi tertentu.
6.        delete() : Untuk menghapus string pada indeks tertentu.
7.        Length() : Untuk mengetahui panjang objek

1 komentar :