Past Tense

PAST TENSE


  1. Simple Past Tense
Rumus Past Tense
Positif (+)
S + V2 + Object
Negatif (- )
S + Did + Not + V1 + Object
Introgative (?)
Did + S + V2 + Object + ?

Contoh:
·         He picked me up at the airportyesterday. (Dia menjemputku di bandara kemarin)
·         He didn’t pick me up at the airportyesterday. (Dia tidak menjemputku di bandara kemarin)
·         Did he pick me up at the airportyesterday? (Apakah dia menjemputku di bandara kemarin ?)
Keterangan :
·         Simple past tense digunakan untuk menggambarkan suatu aktifitas yang telah terjadi di masa lampau.
Contoh: My mother gave me a big doIl yesterday. (lbuku memberikanku sebuah boneka besar)
·         Simple past tense digunakan untuk menggambarkan suatu rangkaian aktivitas yang terjadi di masa lampau.
Contoh: I finished my class at 10 o’clock, went to the library at 10. 15 o’clock, and had my lunch at 1 o’clock. (Aku selesai kelas jam 10, pergi ke perpustakaan jam 10.15, dan makan siang jam 1)
·         Simple past tense digunakan untuk menggambarkan suatu aktivitas yang terjadi di masa lampau secara berulang-ulang. Contoh:
My mother always bought me chocolates and candies when I was child. (lbuku selalu membelikanku cokelat dan permen pada saat aku masih kecil)
·         Kata keterangan waktu (adverb of time) yang sering digunakan dalam simple past tense adalah last year (tahun kemarin), two days ago (dua hari yang lalu), yesterday (kemarin), dan Iain-lain.

  1. Past Continuous Tense
Rumus Past Continuous Tense
Positif (+)
S + To be (was/were) + V-ing + O
Negatif (- ) 
S + To be (was/were) + Not + V-ing + O
Introgative (?)
To be (was/were) + S + V-ing + O + ?

Contoh:
·         She was going to some beaches with her friends yesterday. (Dia Sedang pergi ke beberapa pantai dengan teman-temannya kemarin)  
·         She was not going to some beaches with her friends yesterday. (Dia tidak sedang pergi ke beberapa pantai dengan teman-temannya kemarin)
·         Was she going to some beaches with her friends yesterday?  (Apakah dia sedang pergi dengan teman-temannya kemarin?)
Keterangan:
·         Past continous tense digunakan untuk menggambarkan suatu aktivitas yang terjadi di masa Iampau dengan spesifik waktu tertentu.
Contoh:  I was having an important meeting with a Japanese investor yesterday at 10 o’clock. (Aku sedang rapat penting dengan seorang investor dari Jepang kemarin pada jam 10)
·         Past continuous tense digunakan untuk menggambarkan aktifitas yang sedang terjadi secara bersamaan pada masa Iampau.
Contoh: I was listening to the music while Jesicca was reading a 905sip magazine. (Aku sedang mendengarkan musik sedangkan Jesicca sedang membaca majalah gosip)
·         Kata keterangan waktu (adverb of time) yang digunakan dalam past continuous tense adalah last week (minggu kemarin), yesterday (kemarin), when (ketika), while (ketika), dan lain-lain.
  1. Past Perfect Tense
Rumus Past Perfect Tense
Positif (+)
S + Have/Has + V3 + O
Negatif (- ) 
S + Have/Has + Not + V3 + O
Introgative (?)
Have/Has + S + V3 + O + ?

Contoh:
·         I had finished my homework when she called me (Aku telah menyelesaikan pekerjaan rumahku ketika dia meneleponku)
·         I had not finished my homework when she called me. (Aku belum menyelesaikan pekerjaan rumahku ketika dia meneleponku)
·         Had I finished my homework when she called me? (Apakah aku telah menyelesaikan pekerjaan rumahku ketika dia meneleponku?
Keterangan:
·         Past perfect tense digunakan untuk menggambarkan suatu aktifitas yang terjadi di masa Iampau sebelum suatu aktifitas lain terjadi di masa Iampau.
·         Kata keterangan waktu (adverb of time) yang sering digunakan dalam past perfect tense adalah when (ketika), after (stelah), before(sebelum), before (sebelum).

  1. Past Perfect continuous Tense
Rumus Past Perfect Continuous Tense
Positif (+)
S + Had + Been + V-ing + O/C
Negatif (- ) 
S + Had+ Not + Been + V-ing + O/C
Introgative (?)
Had + S + Been + V-ing + O/C + ?

Contoh:
·         She had been listening to the music for an hour. (Dia telah sedang mendengarkan musik selama satu jam)
·         She had not been listening to the music for an hour. (dia tidak telah sedang mendengarkan musik selama satu jam)
·         Had she been listening to the music for an hour? (Apakah dia telah sedang mendengarkan musik selama satu jam?)
Keterangan:
·         Past perfect continuous tense digunakan untuk menggambarkan suatu aktifitas yang sedang terjadi pada masa Iampau.
·         Past perfect continuous tense digunakan untuk menggambarkan suatu aktifitas yang telah terjadi pada masa Iampau dan masih terjadi ketika aktifitas lain di masa Iampau terjadi.
·         Kata keterangan waktu (adverb of time) yang sering digunakan dalam past perfect continuous tense adalah for (selama), before (sebelum).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar